Rabu, 11 Juli 2012

PENGERTIAN MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI + CONTOH

PENGERTIAN MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI


Dalam mendalami pelajaran bahasa atau linguistik dan ketika kita sudah masuk dalam sub-sub bahasan Linguistik, khususnya Semantik, maka kita akan bermain dengan Makna Kata dan Kalimat. Dalam semantik, kita mengenal tipe-tipe makna bahasa diantaranya Makna Konotasi, Denotasi, Sinestesia, figuratif dan masih banyak lagi.

Nah kali ini kita akan membahas Makna Denotasi dan Makna Konotasi atau dalam bahasa Inggris disebut Denotative and Connotative Meaning. Kita meluncur saja ke Tipe makna yang pertama, Makna Denotasi.

A. Makna Denotasi
Makna Denotasi merupakan makna kata yang sesuai dengan makna yang sebenarnya atau sesuai dengan makna kamus.
   Contoh :
   Adik makan nasi.
   Makan artinya memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

B. Makna Konotasi
Kalau makna Denotasi adalah makna yang sebenarnya, maka seharusnya Makna Konotasi merupakan makna yang bukan sebenarnya dan merujuk pada hal yang lain. Terkadang banyak eksperts linguistik di Indonesia mengatakan bahwa makna konotasi adalah makna kiasan, padahal makna kiasan itu adalah tipe makna figuratif, bukan makna konotasi. Untuk itu, saya menyarankan anda membaca artikel saya yang berbahasa Inggris supaya lebih memahami mengenai makna konotasi dan denotasi di sini.
Makna Konotasi tidak diketahui oleh semua orang atau dalam artian hanya digunakan oleh suatu komunitas tertentu. Misalnya Frase jam tangan.

(dikondisikan) Pak Slesh adalah seorang pegawai kantoran yang sangat tekun dan berdedikasi. Ia selalu disiplin dalam mengerjakan sesuatu. Pada saat rapat kerja, salah satu kolega yang hadir melihat kinerja beliau dan kemudian berkata kepada sesama kolega yang lain "Jam tangan pak Slesh bagus yah". 

Dalam ilustrasi diatas, frase jam tangan memiliki makna konotasi yang berarti sebenarnya disiplin. Namun makna ini hanya diketahui oleh orang-orang yang bekerja di kantoran atau semacamnya yang berpacu dengan waktu. Dalam contoh diatas, Jam Tangan memiliki Makna Konotasi Positif karena sifatnya memuji.

     Makna konotasi dibagi menjadi 2 yaitu :
1.Konotasi positif  merupakan kata yang memiliki makna yang dirasakan baik dan lebih sopan.
2.Konotasi negatif merupakan kata yang bermakna kasar atau tidak sopan.

2 komentar:

  1. Inikan artikel gue neh,!!!!
    Wah ini pencurian namanya, ...
    Artikel asli ada di: Juprimalino

    http://juprimalino.blogspot.com/2011/12/makna-denotasi-dan-konotasi-contoh.html

    BalasHapus