Wednesday, November 12, 2014

Biografi Ferdinand de Saussure

Ferdinand de Saussure

     Ferdinand de Saussure 26 November 1857 - 22 Februari 1913) adalah seorang linguis Swiss ide yang meletakkan dasar untuk perkembangan yang signifikan dalam linguistik pada abad ke-20. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu bapak linguistik abad ke-20. Namun, ahli bahasa yang paling modern dan filsuf bahasa menganggap ide-idenya usang. Beberapa filsuf bahasa, teori meskipun terutama sastra, percaya bahwa para kritikus itu sendiri menerapkan argumentasi usang untuk menggambarkan ide-ide Saussurean sebagai kolot atau sengaja menyimpang. Sementara konsep-khususnya semiotika Saussure-telah menerima sedikit atau tidak ada perhatian di buku teks linguistik modern, ide-idenya telah secara signifikan mempengaruhi humaniora dan ilmu sosial.

Biografi
     Ferdinand de Saussure Mongin lahir di Jenewa pada tahun 1857. Ayahnya adalah Henri Louis Frédéric de Saussure, sebuah mineral, entomologi, dan taksonomi. Saussure menunjukkan tanda-tanda yang cukup bakat dan kemampuan intelektual sebagai awal usia empat belas tahun Setelah setahun belajar bahasa Sansekerta Latin, Yunani,, dan mengambil berbagai kursus di University of Jenewa., Ia mulai bekerja pascasarjana di Universitas Leipzig di 1876. Dua tahun kemudian pada 21, Saussure menerbitkan sebuah buku berjudul Memoire sur le Systeme des primitif dans les voyelles langues indo-européennes (Disertasi pada Sistem Vokal Primitif di Indo-Eropa Bahasa). Setelah itu dia belajar selama setahun di Berlin, di mana ia menulis sebuah tesis doktor pada genitif mutlak dalam bahasa Sansekerta. Ia kembali ke Leipzig dan telah diberikan kepada doktor pada tahun 1880. Segera setelah itu, ia pindah ke Paris, di mana ia akan kuliah di bahasa Sansekerta, Jerman Tinggi Gothic dan Lama, dan kadang-kadang mata pelajaran lain. Dia mengajar di École des Pratique Hautes Études selama sebelas tahun, selama itu ia bernama Chevalier de la Legio d'Honneur (Knight dari Legiun Kehormatan) . Ketika ditawarkan sebuah jabatan guru besar di Jenewa pada tahun 1891, ia kembali. Saussure lectured pada bahasa Sansekerta dan Indo-Eropa di Universitas Jenewa selama sisa hidupnya. Ia tidak sampai 1907 bahwa Saussure mulai mengajar Course General Linguistics, yang ia akan menawarkan tiga kali, berakhir pada musim panas 1911. Dia meninggal pada tahun 1913 di Vufflens-le-Chateau, VD Swiss.

Kursus dalam Linguistik Umum
    Karya Saussure yang paling berpengaruh, Course in General Linguistics (Cours de linguistique générale), diterbitkan secara anumerta pada 1916 oleh mantan mahasiswa Charles Bally dan Albert Sechehaye berdasarkan catatan diambil dari kuliah Saussure di Jenewa. Kursus menjadi salah satu karya mani linguistik abad 20, tidak terutama untuk konten (banyak ide telah diantisipasi dalam karya-karya lain ahli bahasa abad ke-20), melainkan untuk pendekatan inovatif yang diterapkan dalam membahas Saussure fenomena linguistik .

Gagasan utamanya adalah bahwa bahasa dapat dianalisis sebagai sebuah sistem formal dari elemen diferensial, terlepas dari dialektika berantakan real-time produksi dan pemahaman. Contoh unsur-unsur ini meliputi pengertian tentang tanda linguistik, yang terdiri dari penanda dan yang ditandakan. Meskipun tanda mungkin juga memiliki suatu rujukan, Saussure mengambil pertanyaan terakhir untuk berada di luar lingkup ahli linguistik itu.

Saussure mencoba di berbagai kali di tahun 1880-an dan 1890-an untuk menulis sebuah buku tentang masalah-masalah linguistik umum. Beberapa manuskrip, termasuk sebuah esai yang belum selesai ditemukan pada tahun 1996, diterbitkan dalam Tulisan-tulisan dalam Linguistik Umum, meskipun sebagian besar materi dalam buku ini sudah diterbitkan dalam edisi kritis dari Kursus Engler pada tahun 1967 dan 1974. (Tufa)

Ide-ide Saussure memiliki dampak besar pada pengembangan teori linguistik pada paruh pertama abad ke-20. Dua arus pemikiran muncul secara independen satu sama lain, satu di Eropa, yang lain di Amerika. Hasil dari masing-masing dimasukkan pengertian dasar pemikiran Saussurean dalam membentuk prinsip utama linguistik struktural.

Saussure mengemukakan bahwa bentuk linguistik adalah sewenang-wenang, dan karena itu semua fungsi bahasa dengan cara yang sama. Menurut Saussure, bahasa adalah sewenang-wenang karena sistematis dalam bahwa keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya. Juga, semua bahasa memiliki konsep mereka sendiri dan gambar suara (atau ditandakan dan penanda). Oleh karena itu, Saussure berpendapat, bahasa memiliki konsepsi relasional elemen-elemen mereka: kata-kata dan makna mereka didefinisikan dengan membandingkan dan membedakan makna mereka satu sama lain. Misalnya, gambar dan suara untuk konsepsi buku berbeda dari gambar dan suara untuk konsepsi meja. Bahasa juga sewenang-wenang karena sifat elemen linguistik mereka: mereka didefinisikan dalam hal fungsi mereka daripada dalam hal kualitas yang melekat mereka. Akhirnya, ia berpendapat, bahasa memiliki sifat sosial di bahwa ia menyediakan konteks yang lebih luas untuk analisis, tekad, dan realisasi strukturnya.

Di Eropa, pekerjaan yang paling penting dalam periode ini pengaruh dilakukan oleh Sekolah Praha. Paling menonjol, Nikolay Trubetzkoy dan Roman Jakobson memimpin upaya dari Sekolah Praha dalam menetapkan teori saja fonologi dalam dekade berikutnya 1940. Universalisasi Jakobson struktural-fungsional teori fonologi, berdasarkan hirarki markedness fitur khas, adalah solusi sukses pertama dari pesawat analisis linguistik menurut Saussurean hipotesis. Di tempat lain, Louis Hjlemslev dan Sekolah Kopenhagen interpretasi baru yang diusulkan dari kerangka linguistik strukturalis teoritis.

Di Amerika, gagasan Saussure menginformasikan distributionalism Leonard Bloomfield dan pasca-strukturalisme Bloomfieldian ulama seperti Eugene Nida, Bernard Bloch, George L. Trager, Rulon S. Wells III, Charles Hockett, dan melalui Zellig Harris dan Noam Chomsky muda . Selain teori Chomsky Transformasional tata bahasa, perkembangan kontemporer lainnya termasuk teori strukturalisme Kenneth Pike dari tagmemics, teori Sidney Anak Domba stratificational tata bahasa, dan karya Michael Silverstein itu.

Teori Laring
    Sementara mahasiswa, Saussure menerbitkan sebuah karya penting di Indo-Eropa filologi yang mengusulkan keberadaan hantu di Proto-Indo-Eropa disebut koefisien bersuara. Para sarjana Skandinavia Hermann Möller menyarankan bahwa mungkin benar-benar konsonan laring, yang mengarah ke apa yang sekarang dikenal sebagai teori laring. Telah berpendapat bahwa Saussure masalah yang terjadi, mencoba untuk menjelaskan bagaimana dia mampu membuat hipotesis sistematis dan prediktif dari data linguistik dikenal dengan data linguistik yang tidak diketahui, dirangsang perkembangannya strukturalisme. Prediksi Saussure tentang keberadaan primata koefisien / laryngeals dan evolusi mereka terbukti sukses gemilang ketika teks Het ditemukan dan diuraikan, sekitar 50 tahun kemudian.


Dengan paruh kedua abad ke-20, banyak dari ide-ide Saussure berada di bawah kritik berat. Ide linguistik Nya dianggap penting dalam waktu mereka, tetapi usang dan digantikan oleh perkembangan seperti linguistik kognitif. Pada tahun 1972, Noam Chomsky menggambarkan linguistik Saussurean sebagai "konsepsi yang miskin dan menyeluruh tidak memadai bahasa," sementara pada tahun 1984, Marcus Mitchell menyatakan bahwa linguistik Saussurean yang "fundamental memadai untuk memproses berbagai bahasa alam [dan selanjutnya adalah] diselenggarakan oleh tidak ada peneliti saat ini, untuk pengetahuan saya. " Bidang linguistik bergeser fokusnya dari Saussurean tunggal-kata analisis untuk analisis kalimat secara keseluruhan. Belanda mencatat bahwa sampai tahun 1950-an Saussure dinikmati legitimasi dalam linguistik, tetapi dengan revolusi kognitif yang dimulai pada tahun 1957, Chomsky telah "tegas membantah Saussure." Dia menulis: "Sebagian besar karya Chomsky adalah tidak diterima oleh ahli bahasa lain saya tidak meminta Anda untuk menerima linguistik sendiri Chomsky, bagaimanapun Maksud saya adalah bahwa Karya Chomsky diberikan linguistik Saussure, memang banyak pasca-Saussurean linguistik, usang.... Saya tidak mengklaim bahwa Chomsky benar, hanya bahwa Chomsky telah membuktikan bahwa Saussure adalah salah Ahli bahasa yang menolak Chomsky mengklaim akan melampaui Chomsky, atau mereka berpegang teguh pada frase-struktur tata bahasa. Mereka tidak berpaling kembali ke Saussure.

Semiotika
Saussure adalah salah satu pendiri semiotika. Konsep dari tanda / penanda / signified / rujukan membentuk inti dari lapangan.

0 comments:

Post a Comment